AWAL YANG BAIK SEBAGAI MAHASISWA


ppi-utrecht.nl




   Setelah lulus dari SMA para pelajar melanjutkan studi mereka ke universitas dan menjadi mahasiswa baru. Sebagai mahasiswa baru kebanyakan masih bingung dan sulit beradaptasi untuk mulai menjadi mahasiswa yang baik. Berikut ini adalah tips awalan untuk menjadi mahasiswa baru yang baik : 


1. Cari teman yang banyak
     Bagi seorang mahasiswa baru mencari banyak teman sangat penting dilakukan. Teman dalam kehidupan perkuliahan akan sangat membantu dalam banyak hal. Peran teman dalam dunia perkuliahan antara lain, bisa sangat membantu dalam belajar, mengerjakan tugas, mendapat info-info penting seputar perkuliahan atau beasiswa, menjadi penghibur yang baik, dan lain-lain. Sebagai mahasiswa baru saat ospek adalah waktu yang tepat untuk mengenal dan mencari teman sebanyak-banyaknya.
graphics99.com
     Kadang ada yang berpikir saat menjadi mahasiswa adalah saatnya menjadi individu yang hanya mementingkan diri sendiri dalam persaingan karena berhubungan dengan masa depan masing-masing. Tapi pemikiran seperti itu tidak sesuai dengan sifat kita sebagai makluk sosial, saling membantu adalah peran kita sebagai manusia. Menjalin hubungan baik dengan teman sangat membantu untuk masa depan juga. Kita tidak tahu akan menjadi seperti apa teman kita dan kita nantinya. Hubungan yang baik, pertemanan yang baik tidak akan dilupakan dan itu sangat membantu kita untuk ke depannya.


2. Cari kenalan kakak angkatan

northcentralcollege.edu
     Mendapat kenalan atau berteman dengan kakak angkatan di kampus tidak ada salahnya. Justru itu akan sangat membantu kita dalam perkuliahan. Kakak angkatan sudah berpengalaman dalam menghadapi pelajaran, ujian, dan dosen. Jadi kita sebagai mahasiswa baru bisa mendapat informasi-informasi penting seputar kehidupan perkuliahan. Kita bisa bertanya sifat mengajar dosen 'X', UKM yang baik diikuti, sistem ujian di kampus, cara mendapatkan beasiswa, dan lain-lain. Selain itu kita juga bisa meminjam modul, buku, dan soal ujian tahun lalu dari kakak angkatan. 

3. Ikut UKM yang disukai dan berpotensi
omdidien.com
     Jika kamu mempunyai suatu hobi tertentu bisa disalurkan melalui UKM ( Unit Kegiatan Mahasiswa ). UKM menjadi wadah untuk menyalurkan hobi atau pun bagi yang berminat dalam suatu kegiatan. Selain mengikuti UKM yang disukai, disarankan juga mengikuti UKM yang berpotensi dan baik untuk meningkatkan suatu kemampuan yang berguna di masa depan. Dari UKM kita juga akan mendapatkan banyak teman yang se-angkatan, kakak angkatan, dan juga beda fakultas.

4. Ikut Lembaga / Himpunan Mahasiswa
youwall.com

    Mengikuti lembaga atau himpunan mahasiswa di kampus adalah hal yang baik dilakukan. Selain menambah teman dengan mengikuti lembaga atau himpunan bisa melatih kemampuan berbicara dan berpendapat di depan umum. Dengan berstatus dan berpengalaman sebagai anggota lembaga atau himpunan mahasiswa bisa menjadi poin bukti keaktifan di kampus dan bisa menjadi batu loncatan untuk mempermudah mendapatkan beasiswa dari kampus atau lembaga / instansi lainnya.

5. Ketahui karakter dosen
d-m-m.org

      Dosen itu tidak seperti guru di SMA. Dosen mempunyai karakter dan sistem mengajar yang berbeda satu dengan yang lainnya. Karakter dosen ada yang santai, ramah, bebas, disiplin, keras, mudah marah, dan lain-lain. Sebagai contoh jika karakternya bebas maka dosen akan membebaskan mahasiswanya sebebas-bebasnya di dalam  kelasnya boleh main HP, boleh mencatat atau tidak semua terserah mahasiswa. Tapi   jika berkarakter disiplin dan keras, ada mahasiswa yang menyepelekannya dosen tersebut tidak segan untuk mengambil tindakan seperti mengambil KTM anda, menghentikan pelajaran waktu itu juga, memberi anda peringatan dan lain-lain. Mengenal karakter dosen itu sangat membantu dalam menentukan sikap terhadap tiap dosen.

6. Dapatkan IP yang tinggi
polyvore.com
    Di dalam suatu perlombaan lari salah satu faktor penentu kemenangannya adalah posisi saat memulai atau start. Bagaimana kita memulai start dan mendapatkan momen untuk terus maju? Sebagai mahasiswa baru mendapatkan IP yang baik di tahun pertama itu sangat penting. Itu sebagai awal untuk mendapatkan hal yang besar salah satunya adalah beasiswa. Beasiswa biasanya banyak diperoleh pada semester 3 ke atas, tetapi kualifikasinya biasa bergantung pada IPK (Indeks Prestasi Kumulatif) dari semseter awal. 
     Pada semester pertama dan kedua kebanyakan pelajarannya seperti pelajaran yang sudah diajarkan pada saat SMA. Meskipun ada beberapa  yang berbeda tetapi tingkat kesulitannya tidak terlalu tinggi. Kemudahan seperti itu seharusnya bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan IP yang tinggi.

7. Jangan takut mencoba dan bertanya

      Sebagai mahasiswa kita dituntut menjadi pribadi yang mandiri dan berinisiatif tinggi. Takut bertanya dan takut mencoba adalah hal yang harus dihindari. Takut bertanya hanya akan membuat kita diam, tidak beranjak dari lingkaran ketidaktahuan. Inilah saatnya untuk berani berkarya tidak takut untuk gagal karena masih banyak kesempatan. Gagal sepaket dengan sukses karena itu jangan takut gagal. 

Mulailah beranjak menjadi generasi muda yang inisiatif, kreatif, dan memiliki semangat juang yang membara dari sekarang HIDUP MAHASISWA!!  

11 comments:

  1. Sama banget, dulu gue juga berencana seperti itu tapi gagal hhe

    ReplyDelete
  2. Tidak segampang yang dipikirkan prakteknya susah banget,, tapi bolehlah :B

    ReplyDelete
  3. asikkk super sekali hasilnya mahasiswa calon asdos

    ReplyDelete
  4. Makasih infonya kak :D cocok untuk saya yang maba :)

    ReplyDelete
  5. Terimakasih sudah membaca :) Lakukan yang terbaik pokoknya smangat!!

    ReplyDelete
  6. Wow dapat IP tinggi susah bgt tuh :O

    ReplyDelete
  7. saya malah kesulitan bergaul cz gad temen SMA d kmpus sy >,<
    hmm jd males bawaannya, palagi pas ospek tuh..grr

    ReplyDelete
  8. Nah itulah gunanya ospek yang menjadi salah satu wadah untuk berkenalan dengan teman baru.. Kamu cukup membaur dan bekerja sama dengan mereka dalam kegiatan ospek itu nanti juga terbiasa ko :)

    ReplyDelete
  9. mau tahu tentang mahasiswa/-i ugm dan bagaimana cara mendapakan uang/dana dari part-time / full-time

    www.smartbri.net

    salam admin dan Thx

    ReplyDelete
  10. Nice shareing, terimakasih atas informasinya

    ReplyDelete