PRODUKTIF DI MASA LIBURAN




glassdoor.com

Liburan memang waktu untuk kita beristirahat dan bersenang-senang. Tapi tidak ada salahnya waktu liburan kita pakai untuk melakukan hal yang produktif atau bisa dibilang menghasilkan. Menghasilkan bukan berarti menghasilkan uang tetapi juga mengembangkan kemampuan atau skill bahkan menambah keterampilan. 

Berikut ini beberapa hal bermanfaat yang dapat dilakukan selama liburan:

1. Mengikuti Kursus Bahasa Asing
    Ikut kursus bahasa asing seperti inggris, prancis, atau lainnya bukan hal buruk untuk dipelajari selama liburan. Belajar bahasa asing terutama bahasa inggris sangat baik dikembangkan melihat kehidupan yang semakin global.

2. Menulis Artikel / Cerpen
    Menulis artikel atau membuat cerpen juga merupakan kegiatan yang bermanfaat karena mengembangkan pola pikir kita terhadap suatu hal. Selain itu, menulis juga mengembangkan wawasan, imajinasi, membuat kita berpikir kritis, dan cermat. Dengan menulis kita juga bisa mendapat penghasilan jika seseorang tertarik untuk mengajak kamu membuat buku atau menerbitkan artikelmu di majalah atau koran.

3. Membuat Blog
    Membuat blog merupakan kegiatan yang cukup mudah dan menghasilkan. Saat ini membuat blog sangat mudah salah satunya dengan mendaftar di www.blogger.com. Dengan membuat blog melatih imajinasi kita untuk mendesain halaman blog sekaligus melatih kemampuan menulis kita. Blog juga bisa mendatangkan keuntungan dengan memasang banner iklan di blog.

4. Mempelajari Desain Grafis
    Belajar desain salah satunya dengan Corel Draw cocok untuk mengisi waktu liburan. Selain melatih keterampilan belajar desain juga menghasilkan uang. Saat ini banyak kompetisi desain dan permintaan untuk desain-desain baju atau logo. 

5. Berlatih Musik / Vokal
    Bagi kalian yang hobi dan bakat musik berlatih musik / vokal sangat menyenangkan dan cocok untuk mengisi waktu liburan. Siapa tahu dengan melatih terus-menerus dan menjadi ahli, bisa menjadi terkenal melalui ajang pencarian bakat seperti Indonesian Idol, IMB, kontes band indie, dan bahkan pentas di event-event. Jelas sekali mengembangkan talent sangat baik untuk ke depannya.

6. Bekerja Part Time
    Menambah uang jajan dengan bekerja part time tidak ada salahnya dilakukan. Selain menambah pemasukan, bekerja part time juga menambah pengalaman kerja. Pekerjaan yang cocok untuk dijadikan part time antara lain OP warnet, kasir, costumer service, pelayan restoran, dan penjaga toko / distro.

Waktu liburan merupakan waktu yang panjang dan luang. Waktu tersebut tinggal kita kita manfaatkan untuk bersenang-senang, introspeksi diri, belajar atau mengembangkan diri. Semua pilihan ada pada kita, manfaatkan waktu dengan bijak ya Teman... :)

2 comments:

  1. bagus banget beritanya, buat dong jenis-jenis pekerjaan yang cocok untuk mahasiswa....

    ReplyDelete
  2. Oke banget besok saya beri info tentang itu secepatnya :)

    ReplyDelete